Alasan Harus Uninstall WhatsApp Tahun Ini

Alasan harus Uninstall WhatsApp Tahun ini

Alasan Harus Uninstall WhatsApp Tahun Ini

Alasan Harus Uninstall WhatsApp Tahun Ini – Alasan kalian harus berhati-hati dalam penggunaan WhatsApp pada tahun ini. Karena banyak isu kemanan yang membuat Alasan harus Uninstall WhatsApp Tahun ini.

Pada saat ini WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia pada saat ini. Kepraktisan dalam hal registrasi dan penggunaannya lah yang menjadi alasan terbesar kenpa aplikasi ini sangat banyak diminati sampai sekarang ini.

Berbagai macam kemudahan yang ditawarkan dari aplikasi ini seperti mulai chatting, telepon, video call, mengirim file atau gambar, dan masih banyak lagi.

Kepopuleran aplikasi ini bukanlah tanpa adanya celah. Beberapa masalah masih sering terjadi di aplikasi ini bahkan ada yang sampai membuat kehebohan.

Alasan Kenapa Kita harus Meninggalkan WhatsApp

Setelah diakuisisi oleh Facebook, WhatsApp pun mulai mengganti berbagai macam kebijakan dan juga berbagai fitur yang dapat digunakan.

Beberapa kebijakan ini menginduk ke pola penerapan kebijakan Facebook yang terkadang bermasalah dalam hal privasi, berita palsu, dan lainnya.

Kenapa sih kalian harus mulai untuk waspadai dalam menggunakan aplikasi komunikasi yang satu ini? Berikut info selengkapnya sebaggao berikut.

1. Tidak Memiliki Filter Fake News

Salah satu fitur yang paling sering digunakan dalam aplikasi chatiing WhatssApp ini adalah fitur grupnya. Dengan fitur ini pengguna WhatsApp dengan mudah mengumpulkan banyak orang dan menyebarkan informasi dengan lebih cepat.

Penyebaran informasi yang sangat super cepat ini bukannya tanpa adanya celah. Karena WhatssApp sendiri masih belum mempunyai fitur untuk menyaring informasi yang tersebar di kalangan penggunanya.

Hal ini bisa menjadi sangat berbahaya karena orang-orang dengan niat jahat dapat menyebarkan informasi palsu dengan lebih cepat dan mudah.

Salah satu isu berita palsu terparah terjadi di India pada tahun 2018 lalu. Berita palsu mengenai aksi dari penculikan anak tersebar luas di India.

Hal ini menyebabkan ketakutan berlebihan dari warga yang menyebabkan pengeroyokan kepada orang asing yang melintas di wilayah tertentu. 7 orang dikabarkan meninggal karena dituduh sebagai penculik.

2. Privasi Data Diri Mulai Berbahaya

Chat pengguna dari aplikasi WhatssApp akan dilindungi oleh sistem enkripsi dimana WhatsApp tidak memiliki mengakses pembicaraan yang dilakukan oleh penggunanya.

Fitur ini juga diaplikasikan pada video dan gambar yang dikirim di dalam aplikasi buatan Facebook yang satu ini untuk meningkatkan keamanan privasi penggunanya.

Akan tetapi, WhatssApp masih bisa membaca pola dari perilaku penggunanya. Seperti seberapa lama pengguna untuk menghabiskan waktu di aplikasi dan dengan siapa mereka berkomunikasi.

Terlebih lagi, WhatssApp juga bisa mengakses kontak yang dimiliki oleh penggunanya dan kerahasiaan informasi ini pun akan sedikit untuk dipertanyakan.

Facebook sebagai perusahaan induk dari WhatsApp ini beberapa kali sudag terjerat kasus privasi di Amerika Serikat dan bukan tidak mungkin pola ini juga akan terjadi di WhatsApp.

3. Hanya Menggunakan Nomor Telepon

WhatsApp telah memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk dapat menggunakan aplikasi ini tanpa ribet. Pengguna hanya membutuhkan sebuah nomor telepon untuk dapat mengakses aplikasi komunikasi satu ini.

Namun sayangnya, hal ini bukan hanya memberikan kemudahan untuk penggunanya tetapi dapat juga menimbulkan kekhawatiran penggunanya sendiri.

Misalnya saja di dalam fitur grup, setiap anggota grup tersebut pastinya akan mengetahui nomor telepon pengguna lain yang telah tergabung di dalam grup yang sama itu.

Kerahasiaan nomor telepon dari pengguna menjadi lebih terekspos jika dibandingkan dengan aplikasi komunikasi lain di mana nomor telepon dari pengguna cenderung untuk disembunyikan dan hanya menampilkan ID saja.

5. Banyak Virus Yang Beredar

Salah satu isu terbaru dari platform aplikasi komunikasi yang satu ini adalah banyaknya virus. Virus yang tersebar luas di aplikasi ini dengan cara melalui link yang dibagikan di grup atau antar sesama pengguna lainnya.

Virus terbaru yang tersebar di aplikasi ini adalah New Year Virus. Virus ini membuat pengguna yang mengklik link tertenu diarahkan ke website yang bermasalah.

Virus ini akan mengirimkan iklan secara terus-terusan, meminta data pribadi, dan menawarkan keanggotaan situs-situs aneh.

Virus New Year ini telah membuat geger para pengguna internet hanya setelah tersebar selama beberapa jam saja.

Virus-virus semacam ini sering kali ditemukan di aplikasi WhatssApp setiap tahunnya. WhatssApp belum mengembangkan metode pencegah penyebaran virus semacam ini.

Itulah beberpa alasan kenapa WhatssApp bisa jadi aplikasi yang berbahaya untuk digunakan di tahun 2020 ini.

Faktor terbesar yang menyebabkan ketidak nyamanan ini memang berasal dari penggunanya.

Penggunaan aplikasi secara bertanggung jawab memang menjadi suatu kewajiban untuk membuat ekosistem pengguna menjadi lebih aman dan kondusif

Baca Juga Artikel Lain berikut ini :

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.