Perbedaan SSD NVMe Dengan SSD Sata Dan HDD Sata

Teknologi internal storange pada saat ini sudah sangat berkembang. Terus apa Perbedaan SSD NVMe dengan SSD Sata Dan HDD Sata. Maka dari itu simak ulasannya dibawah ini.

Perbedaan SSD NVMe dengan SSD Sata Dan HDD Sata

Perbedaan SSD NVMe Dengan SSD Sata Dan HDD Sata – Teknologi internal storange pada saat ini sudah sangat berkembang. Terus apa Perbedaan SSD NVMe dengan SSD Sata Dan HDD Sata. Maka dari itu simak ulasannya dibawah ini.

Penyimpanan internal merupakan kebutuhan sangat penting untuk PC. Coba kalian bayangkan jika PC tidak memiliki Internal Storage, sistem operasi yang kita ingin akan  tempatkan di mana?

Belum lagi data lain yang kita penting. Sama pentingnya, penyimpanan internal dirancang sehingga bahkan memiliki banyak varian.

Sebagai perkembangan teknologi, penyimpanan internal terbagi menjadi beberapa lini tipe. Beberapa dari mereka adalah HDD SATA , SSD SATA dan SSD NVMe.

Pada kali ini kami akan akan mengulas apa saja perbedaan dari HDD SATA , SSD SATA dan SSD NVMe?

Perbedaan HDD SATA , SSD SATA dan SSD NVMe

1. SSD SATA

Untuk pertama, kami sengaja akan mengulas SATA SSD  dahulu. Kali ini kami memiliki kesempatan untuk meninjau Transcend SATA SSD dengan kapasitas 256 GB dengan serangkaian TS256GMTS800 produk. M2 adalah SSD SSD SATA III mendukung kecepatan hingga 6 Gb / s.

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda sudah tahu perbedaan mendasar antara hard disk yang biasa digunakan secara umum untuk PC dan SSD ini? Berikut ini menjelaskan garis Jaka utama.

  • Kecepatan SSD diklaim hingga 10 kali lebih cepat dari HDD.
  • Ketahanan terhadap guncangan SSD jauh lebih tinggi karena itu merupakan flash memory, tidak seperti HDD menggunakan disk atau disk yang berputar.
  • Harga SSD cenderung lebih mahal, sampai 10 kali lebih dari HDD.

2. SSD NVMe

Kemudian kami akan mengulas tentang SSD NVMe. Dan yag akan kami gunakan Samsung PM951 SSD NVMe  dengan kapasitas 256 GB. Ketika ditanya perbedaan dengan HDD SATA, pada dasarnya sama dengan SSD SATA, akan tetapi ada tambahan sebagai berikut.

SSD NVMe sudah menggunakan teknologi NVMe yang sesuai dengan namanya. NVMe itu sendiri adalah Non-Volatile Memory Express yang merupakan pengembangan standar dari AHCI (Advanced Host Controller Interface). Kinerja yang dijanjikan jauh lebih cepat daripada SSD SATA.

3. HDD SATA

Untuk yang terakhir kami akan memakai hard drive SATA yang masih populer hingga saat ini. Seorang senior dari SSD  NVMe dan SSD  SATA diciptakan oleh IBM pada tahun 1956. Wah berarti HDD SATA ini sudah tua sekali yah. Jadi wajar jika teknologi yang digunakan oleh HDD saat ini sudah mulai ketinggalan zaman.

HDD SATA yang akan kami uji adalah HDD Hitachi dengan kecepatan 7200RPM memiliki kapasitas 1TB dengan serangkaian produk H2T10003272S.

kelebihan SSD

2 di atas SSD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi Anda yang ingin mendapatkan SSD dengan kinerja yang lebih cepat, maka Anda dapat memilih SSD MVME tetapi Anda perlu menghabiskan biaya yang lebih tinggi.

Selain itu SSD terbukti memiliki keunggulan jika digunakan untuk penyimpanan komputer. Sebagai manfaat bawah Anda dapat mendengarkan.

  • SSD memiliki kinerja yang unggul dibandingkan dengan HDD. Itu bukan karena kurangnya berputar bagian atau bergerak. Untuk perangkat ini memiliki kontrol elektronik penuh.
  • Kecepatan untuk membaca atau menulis data akan meningkat secara signifikan. Sebagai contoh, ketika Anda menggunakan hard drive, itu akan mengambil beberapa waktu untuk memulai bahkan bisa mencapai 10 menit, tetapi menggunakan waktu booting SSD hanya 2 menit.
  • Selain itu, Anda juga akan menghibur saat bermain game

kesimpulan

  • Dalam SATA HDD, dan SATA SSD, kecepatan baca SATA SSD ternyata mampu lebih cepat hingga 5 kali. Sementara pada saat kecepatan menulis, SATA SSD ternyata mampu lebih cepat hingga tiga kali.
  • Dalam NVMe SSD dan SATA HDD, terlihat kecepatan membaca yang luar biasadari SSD NVMe luar biasa jauh, sampai 15 kali. Sementara pada kecepatan menulis, sama seperti SATA SSD, SSD NVMe mampu 3 kali lebih cepat dari SATA HDD.
  • Terakhir, NVMe SSD dan SATA SSD, kecepatan baca SSD NVMe tampaknya hingga mampu 3 kali lebih banyak daripada SSD SATA. Tapi untuk kecepatan tulis, tampaknya kurang lebih sama.

Itulah artikel dari kami tentang perbedaan dari SSDNVMe, SSD SATA, dan HDD SATA. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian sebagai penambah wawasan kamu. Jangan lupa tinggalkan komentar yang ada dibawah ini yah.

Baca Juga Artikel Lain berikut ini :

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.