Produk Gagal Yang Pernah Dibuat Microsoft

Produk Gagal Yang Pernah Dibuat Microsoft

Produk Gagal Yang Pernah Dibuat Microsoft-Banyak Yang Tidak Laku

Produk Gagal Yang Pernah Dibuat Microsoft – Coba kalian sebutkan produk Microsoft yang sudah pernah kalian pakai? Dibalik kesuksesannya, ada juga banyak produk gagal yang pernah dibuat Microsoft.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa Microsoft sendiri merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar yang ada pada abad ini.

Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini telah membuat banyak sekali produk yang sukses di pasaran karena membantu pekerjaan kita sehari-hari.

Akan tetapi, di balik kesuksesannya tentu saja ada kegagalan yang pernah dibuat. Oleh karena itu, kali ini Jaka akan kasih kamu daftar produk gagal Microsoft terburuk

Produk Gagal Microsoft

Semenjak didirikan pada tahun 1975 silam, Microsoft telah mengalami banyak keberhasilan. Para analis juga sudah memperkirakan perusahaan ini akan bernilai 1 miliar dolar Amerika pada dekade selanjutnya.

Walaupun begitu, bukan berarti setiap produk yang Microsoft buat selalu berhasil. Ada setumpuk bukti bahwa Microsoft juga sering gagal.

1. Bob

Produk Gagal Microsoft 1 - Produk Gagal Yang Pernah Dibuat Microsoft

Apabila kalian belum pernah mendengar produk Microsoft bernama Bob, kamu tidaklah perlu berkecil hati. Dikarekan produk ini memang dirilis pada tahun 1995.

Bob dibuat untuk memudahkan pengguna pemula PC yang menggunakan sistem operasi Windows 3.1 dan Windows 95.

Sebenarnya ide ini cukup menarik, di mana antarmukanya mengganti semua metafora kantor pada Windows menjadi selayaknya rumah virtual, lengkap dengan seekor anjing kartun yang akan menuntunmu.

Akan tetapi, banyak yang tidak tertarik dengan produk satu ini. Apalagi, Bob membutuhkan spesifikasi yang cukup berat untuk era tersebut. Hasilnya, Bob harus mati muda pada tahun 1996 silam.

Beberapa tahun kemudian, Microsoft menciptakan Clippy the Office Assistant untuk dapat memudahkan orang menggunakan aplikasi Office. Sama seperti Bob, Clippy juga tidak bisa berusia panjang.

2. Internet Explorer 6

Produk Gagal Microsoft 2

Browser merupakan salah satu aplikasi yang wajib harus dimiliki  didalam komputer. Maka dari itu, wajar jika Microsoft menyediakan aplikasi browser di dalam sistem operasinya.

Ketika perusahaan yang sekarang dipimpin oleh Satya Nadella tersebut merilis Windows XP, mereka menyertakan Internet Exploler 6 (IE6).

Sayang, browser yang satu ini dicap sebagai browser yang paling dibenci di dunia. IE6 memiliki banyak bug dan celah keamanan yang benar-benar parah.

Pada akhirnya, para pengguna langsung beralih ke browser lain yang lebih terjamin keamanan seperti Firefox dan Chrome. Padahal, waktu itu Microsoft sedang mendominasi pasar browser.

Meskipun Microsoft telah menutup Internet Exploler dan merilis Microsoft Edge, jumlah pengguna dari browser mereka terbilang kecil dibandingkan para kompetitor.

3. Zune Player

Produk Gagal Microsoft 3 - Produk Gagal Yang Pernah Dibuat Microsoft

Apple berhasil merevolusi industri musik ketika merilis iTunes dan iPod. Keberhasilan ini membuat Microsoft panas dingin sehingga mereka memutuskan untuk masuk ke dalam pasar yang sama.

Pada tahun 2006, Microsoft merilis pemutar musik digital bernama Zune. Akan tetapi, Apple terlalu tangguh untuk dikalahkan.

Microsoft mampu memproduksi empat generasi Zune sebelum ditutup pada tahun 2011 tanpa pernah bisa mengimbangi dominasi Apple.

4. Windows Vista

Produk Gagal Microsoft 4 - Produk Gagal Yang Pernah Dibuat Microsoft

Setelah kegagalan yang dialami Windows ME, Microsoft mendulang kesuksesan pada Windows XP. Sayangnya penerus XP, Windows Vista, dianggap sebagai salah satu kegagalan terbesar Microsoft.

Vista rilis enam tahun setelah XP pada tahun 2007, salah satu jarak terpanjang antara versi Windows. Penantian panjang tersebut ternyata berbuah pahit.

Selain mahal, Vista juga memiliki banyak sekali kekurangan, terutama di bagian keamanannya yang dirasa terlalu berlebihan

Akibatnya, banyak pengguna lebih memilih untuk menggunakan XP sembari menunggu sistem operasi yang lebih baru.

5. Windows Phone

Produk Gagal Microsoft 5 - Produk Gagal Yang Pernah Dibuat Microsoft

Microsoft boleh menguasai (bahkan memonopoli) pasar desktop berkat sistem operasi ciptaan mereka. Namun untuk lini handphone, mereka selalu mengalami kegagalan.

Pada tahun 2008, mereka mengakuisisi perusahaan Danger Inc. dan merilis handphone Kin One dan Kin Two pada tahun 2010.

Hanya saja, kita tidak bisa mengunduh game ataupun aplikasi tambahan. Penjualan produk pun sangat buruk sehingga pada tahun 2011 Kin lenyap untuk selamanya.

Kegagalan tersebut tidak membuat Microsoft patah semangat. Pada tahun 2014, mereka mengakuisisi bisnis smartphone Nokia dan menciptakan Lumia yang menjalankan Windows Phone.

Sekali lagi, Microsoft gagal. Lumia tidak bisa mengalahkan dominasi Android dan iOS yang sudah mendunia. Lumia terakhir dirilis pada Februari 2016.

Sistem operasi Windows Phone sendiri resmi ditutup pada tahun 2017. Microsoft sudah melambaikan bendera putih di perang pasar smartphone.

Kegagalan-kegagalan yang dialami oleh Microsoft tidak membuat perusahaan tersebut jatuh bangkrut dan terpuruk.

Malah, mereka menjadikan kegagalan tersebut sebagai batu loncatan untuk kesuksesan selanjutnya. Ada produk gagal lain yang belum tidak sebutkan? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga Artikel Lain berikut ini :

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.